Translate

Kamis, 10 Maret 2016

Budaya Indonesia Dan Globalisasi


Budaya Indonesia

Budaya Indonesia Dan Globalisasi
 
Basmalah
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh. . .
 

Perkembangan Informasi -

 
DasadarmaTrisatya.blogspot.co.id - Era Globalisasi, zaman yang serba modern dan dipenuhi dengan penggunaan teknologi yang super canggih. Era Globalisasi sangat mempermudah kita umat manusia dalam berbagai bidang kehidupan kita, seperti dalam dunia telekomunikasi, perdagangan, politik, dan bahkan sosial dan budaya.
 
Di era yang begitu modern saat ini, berbagai informasi sangat mudah kita peroleh dan dapatkan. Bahkan sudah hampir tidak ada lagi informasi yang tidak dapat kita akses dengan teknologi yang super canggih di era ini. Pengetahuan yang kita milikipun sudah tidak terbatas dalam lingkungan sekitar kita, negara kita, tetapi sudah mencakup wilayah yang sangat luas, yaitu mencakup seluruh dunia yang terdiri dari berbagai macam negara yang berbeda-beda.
 
Banyak orang yang beranggapan bahwa, dengan kemudahan di era ini kita bangsa Indonesia sudah harus berpikir secara global apalagi bangsa Indonesia di saat ini sudah harus bersiap-siap guna menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dalam jangka waktu dekat, kita semua telah berperan di dalam peristiwa tersebut.


Era globalisasi ini  membuat setiap informasi tersebar dengan begitu pesatnya, bahkan dalam jangka waktu yang sangat singkat sebuah informasi sudah dapat diketahui oleh seluruh masyarakat internasional dengan sangat mudah. Perkembangan yang begitu pesat ini seperti angin yang berembus dengan cepat ke seluruh penjuru bumi, yang apabila kita tidak siap betahan dengan dasar yang kuat, bukannya hal yang tidak mungkin kita akan dihempaskan oleh angin yang berembus dengan kecepatan tinggi tersebut.

Perkembangan informasi ini tidak hanya memberi dampak positif saja, melainkan juga memberikan dampak negatif. Pesatnya persebaran informasi menyebabkan tak jarangnya kebudayaan asli dari suatu daerah hilang dikarenakan masyarakat daerah tersebut terlena dan kagum akan budaya asing yang masuk dan menyebar ke daerah mereka yang menyebabkan mereka ikut-ikutan akan kebudayaan tersebut dan perlahan tapi pasti merekapun meninggalkan dan melupakan kebudayaan asli mereka sendiri yang telah membesarkan dan yang seharusnya menjadi dasar mereka guna menghadapi pesatnya perkembangan arus informasi dunia.

 

Pola pikir yang salah -


"Budaya asing itu lebih modern dan keren", seperti inilah pola pikir kebanyakan orang di negeri ini, dan dari pola pikir sederhana ini pula yang banyak menyebabkan terlupakannya kebudayaan asli dari negeri ini, dan ironisnya lagi sudah tidak sedikit budaya asli negeri ini yang dipelajari secara mendalam oleh orang-orang asing yang mungkin saja dalam jangka waktu beberapa puluh tahun kedepan, kebudayaan asli yang kita miliki sudah tidak diajarkan lagi oleh orang Indonesia asli, melainkan akan diajarkan oleh orang asing kepada anak dan cucu kita dimasa yang akan datang kelak. Mungkin saja. . .

Banyak orang yang menganggap budaya asing itu lebih keren dan modern. Namun kita sebagai bangsa Indonesia dengan kultur budaya orang timur, apakah kebudayaan mereka sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan kita ? Apakah kebudayaan mereka sesuai dengan gaya hidup kita, orang Indonesia asli ? Tentu tidak !! Bahkan karena budaya merekalah banyak saudara kita yang menjadi korbannya. Narkotika, Minuman keras, Seks bebas, apakah itu semua keren dan modern ? bagi mereka mungkin itu modern, namun bagi bangsa ini hal tersebut sangatlah tradisional bahkan sangat primitif. Mengapa saya katakan primitif ? Karena perbuatan tersebut hanyalah perbuatan yang dilakukan dengan pemikiran yang sangat singkat dan sempit yang tidak mengacu pada manfaat dan dampak buruk yang akan terjadi seusai tindakan tersebut mereka kerjakan. Narkotika misalnya, menurut mereka itu dapat menenangkan mereka.Sudah jelas narkotika dapat menenangkan mereka, karena narkotika itu dapat membuat penggunanya menjadi kehilangan kesadaran mereka sebagai manusia dan buruknya lagi akan menyebabkan dampak kecanduan bagi mereka yang sangat sulit untuk disembuhkan.

 

Budaya Indonesia Menjadi Budaya Dunia -


Budaya yang kita miliki sudah sepatutnya kita lestarikan dan kita kembangkan agar mata dunia terpaku dengan pesona budaya yang bangsa ini miliki. Cinta terhadap tanah air, hal inilah yang seharusnya tertanam pada diri setiap warga Indonesia, terutama generasi pemerbaiki bangsa ini. Misi terbesar kita saat ini hanyalah sederhana, menjaga dan tetap melestarikan kebudayaan khas negeri ini, menjaganya agar tetap dapat dinikmati dan dikenal oleh anak dan cucu kita nantinya di masa yang akan datang. Jangan sampai mimpi buruk bangsa ini akan hilangnya kebudayaan kita yang kemudian diambil alih oleh bangsa asing dapat mereka wujudkan di masa yang akan datang.

Sadar ataupun tidak, saat ini kita sedang berada di era perang budaya. Dimana setiap kebudayaan dari berbagai negara kini telah giat mereka sebarkan dan populerkan ke negara-negara lainnya. Jangan sampai budaya yang sangat mempesona yang kita miliki redup cahanya dikarenakan kurangnya kecintaan kita terhadap budaya bangsa ini.

 

Mari Mengubah Pola Pikir Dunia -


Inilah saatnya bagi kita, generasi pemerbaiki bangsa ini untuk berjuang mepertahankan negeri ini. Mari bersama-sama kita cintai dan banggakan kebudayaan daerah kita masing-masing, kembangkan dan janganlah pernah ragu untuk menjaga ataupun melestarikan kebudayaan kita, karena yakinlah tak sedikit juga kata yang akan terdengar di telinga kita bahwa "Budaya itu sudah kuno, budaya mereka jauh lebih modern dan trendy". Hiraukanlah mereka, dan marilah kita buktikan kebudayaan tradisional yang kita miliki akan mengubah dunia ini dengan kesederhanaan kebudayaan negeri Indonesia yang begitu mempesona ini. Janganlah ragu dan teruslah menjaga budaya kita. Karena kita bukanlah pemuda yang biasa, melainkan pemuda-pemuda Indonesia yang bisa dan sangat luar biasa. Sadarilah potensi diri kalian, dan sadarilah potensi negeri ini, maka bersiap-siaplah untuk mengguncang dunia..

 

"Berilah aku 10 pemuda Indonesia, maka akan aku guncang dunia"

~ Ir. Soekarno


=====================================================
 
DasadarmaTrisatya.blogspot.co.id
~ Bermimpi - Berusaha - Berserah Dri ~
=====================================================
Keyword : Budaya Indonesia dan globalisasi, Perngaruh globalisasi terhadap budaya Indonesia, Perkembangan globalisasi, Budaya dan globalisasi, Menjaga budaya Indonesia, Dampak negatif globalisasi terhadap Kebudayaan, Budaya Indonesia, Kebudayaan, Cinta Tanah air

 
 

pongimaji Manusia Biasa

MUSLIM.seorang Pramukawan berdarah Indonesia ASLI. Berusaha menyampaikan ilmu melalui tulisan yang sederhana. . Apabila saya salah mohon saya diluruskan. . Karena kritikan dan masukan dari kawan-kawan sangat berarti untuk membangun diri saya. . Berbagi itu Indah. . .

1 komentar: